Pinjaman Jaminan BPKB Mobil Bunga Rendah

Gadai BPKB Mobil • Gadai BPKB mobil tanpa survey • Gadai BPKB mobil di pegadaian • Gadai BPKB mobil cepat • Simulasi gadai BPKB mobil • Pinjaman jaminan BPKB mobil di bank • Gadai BPKB mobil adira • Pinjaman jaminan BPKB mobil bunga rendah • Gadai BPKB mobil di bank mandiri
Dibandingkan dengan sepeda motor, mobil tentunya lebih nyaman untuk diajak bepergian. Maka tak heran jika saat ini mobil telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, khususnya kalangan menengah atas. Selain nyaman digunakan, mobil juga mudah digunakan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai. Tidak seperti gadai BPKB Motor, dengan gadai BPKB mobil, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang besar. Namun semuanya tergantung pada ketentuan pihak pemberi jaminannya.

Pihak pembiayaan yang menjalankan bisnis tersebut seperti halnya bank, pegadaian, hingga koperasi. Pihak pemberi jaminan tersebut tentu saja mempunyai keunggulan dan kelemahan. Adapun salah satu keunggulan yang biasanya ditawarkan oleh pihak pemberi jaminan ialah memberikan kemudahan dalam hal persyaratan pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Kemudahan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan gadai BPKB mobil tentu saja sangat membantu masyarakat.

Pengertian BPKB mobil


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gadai BPKB mobil, ada baiknya Anda mengetahui apa itu BPKB terlebih dahulu. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) adalah buku yang dikeluarkan untuk digunakan sebagai bukti kepemilikan dari suatu kendaraan bermotor. BPKB ini diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri. Dokumen penting ini bisa Anda jadikan sebagai jaminan. BPKB diberikan bersama dengan STNK serta Tanda Nomer Kendaraan Bermotor.

Dokumen yang berisi 10 halaman ini telah diperbarui oleh Satuan Lalu Lintas Polri menjadi BPKB baru. BPKB baru ini sulit untuk dipalsukan. Dalam BPKB baru terdapat berbagai perubahan yang tidak bisa Anda temui di BPKB lama. Nomor identitas (KTP) pemilik yang masih berlaku telah ada di dalam BPKB baru. Selain itu, dalam BPKB baru juga ada kolom pengisian pergantian nomor polisi untuk perihal balik nama pemilik atau mutasi yang dibatasi sampai 3 lembar. Apabila lembar habis, maka pemilik harus menggantinya dengan buku kepemilikan yang baru.

Syarat Gadai BPKB Mobil


Sebelum Anda melakukan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB mobil, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Adapun persyaratan umum gadai BPKB mobil tersebut yakni sebagai berikut.
  1. Usia minimal 21 tahun dan usia maksimal 60 tahun atau sudah berkeluarga.
  2. Bisa mobil buatan jepang / non jepang
  3. Usia kendaraan maksimal 17 tahun
Dokumen yang diperlukan
  • Fotocopy KTP & Kartu Keluarga
  • STNK
  • Pajak
  • BPKB
  • slip gaji
Syarat lain yang harus dipenuhi oleh wiraswasta, profesional, serta perusahaan selain syarat umum diatas ialah sebagai berikut.
  • Fotokopi surat keterangan atau ijin usaha SIUP, TDP, NPWP, dan SPT tahunan.
  • Untuk wiraswasta, lengkapi dengan fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir ataupun rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Bagi profesional, lengkapi bersama fotokopi izin praktek serta fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir atau rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Bagi perusahaan, lengkapi dengan fotokopi Akta pendirian perusahaan serta perubahannya, fotokopi KTP direksi ataupun komisaris perusahaan, fotokopi SIUP, NPWP, TDP dan fotokopi tabungan selama 6 bulan terakhir ataupun rekening koran selama 3 bulan terakhir.
Ada berbagai alasan mengapa banyak orang memilih gadai BPKB mobil, salah satunya karena jumlah pinjaman yang dibutuhkan tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah. Selain itu, gadai BPKB mobil relatif lebih mudah dan cepat diproses. Resiko dan angsuran pun tidak terlalu besar.

Ketentuan Gadai BPKB Mobil


Setelah semua persyaratan Anda penuhi, Anda bawa semua berkas yang dibutuhkan ke pihak pemberi jaminan. Pihak pemberi jaminan memberikan masa kredit (tenor) selama 6–48 bulan. Masa kredit yang ditawarkan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kesanggupan diri Anda sendiri. Pihak pemberi jaminan akan memberikan pencairan dana tunai setelah 2 hari kerja apabila semua syarat lengkap. Besarnya pencairan dana tunai tersebut mencapai 85% dari harga mobil yang Anda jadikan jaminan. Mengenai bunganya, pihak pemberi jaminan memberikan bunga sebesar 0.9% / bulan.

Keuntungan Memilih Gadai BPKB Mobil


Menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan memang memberikan banyak keuntungan. Untuk mengetahui apa saja keuntungan memilih gadai BPKB mobil tersebut, Anda lihat saja ulasan berikut ini.

1. Proses cepat


Dengan menggunakan BPKB mobil, pihak pemberi jaminan akan melakukan proses pencairan dana lebih cepat. Dimana dana tunai yang Anda butuhkan bisa langsung cair hanya dalam waktu maksimal 2 hari saja setelah mendapatkan persetujuan. Dana tunai tersebut akan langsung dikirimkan ke rekening Anda. Bisa dikatakan, Anda dapat memperoleh pencairan dana dalam hitungan jam apabila menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan gadai.

2. Lebih mudah


Keuntungan selanjutnya dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan ialah lebih mudah mendapatkan dana tunai. Persyaratan yang ditawarkan lebih mudah untuk dipenuhi. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibutuhkan juga mudah disiapkan. Dengan begitu, pengajuan pinjaman bisa langsung diproses dan pencairan dana dapat dilakukan lebih cepat. Anda pun bisa langsung mendapatkan dana tunai yang diutuhkan.

3. Plafond lebih besar


Dibandingkan dengan BPKB sepeda motor, BPKB mobil memiliki plafond yang lebih besar. Besarnya plafond yang akan Anda dapatkan memang tergantung pada barang yang digadaikan. Dimana semakin tinggi nilai barang yang Anda gadaikan, maka semakin besar pula jumlah pinjaman yang bisa Anda peroleh. Hal ini bisa dikatakan pula bahwa besarnya plafond dipengaruhi oleh harga mobil yang Anda jadikan jaminan. Dengan begitu, semakin mahal harga mobil, maka semakin tinggi kredit yang akan Anda dapatkan. Mengingat harga mobil yang memang cukup mahal, maka dana tunai pinjaman yang Anda terima bisa mencapai jumlah yang cukup besar pula. Segala keperluan bisa Anda penuhi hanya dengan gadai BPKB mobil.

4. Masa kredit fleksibel


Tak hanya bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang besar, Anda juga bisa memiliki jangka waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pihak pemberi jaminan menawarkan tenor selama 6 bulan hingga 4 tahun lamanya. Jangka waktu yang ditawarkan tersebut tentu saja sangat fleksibel menurut besarnya hitungan kemampuan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan membayarnya. Apabila hanya untuk keperluan tertentu yang sekiranya tidak membutuhkan dana yang banyak, maka gadai BPKB mobil ini terbilang lebih ringan resikonya. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan jaminan BPKB yang telah diberikan. Pasalnya, jaminan tersebut akan tetap aman hingga Anda melunasi angsurannya.

5. Bunga relatif kecil


Ketika mengajukan pinjaman, pihak pemberi jaminan akan memberikan bunga yang harus Anda bayarkan ketika membayar cicilan pinjaman tiap bulannya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan, Anda tidak akan mendapatkan bunga yang besar. Anda hanya akan mendapatkan bunga sebesar 0.9% tiap bulannya. Dengan bunga yang kecil tersebut, Anda pun masih bisa menggunakan mobil tersebut untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-harinya. Mengingat barang yang digadaikan ialah BPKB mobil saja, bukan mobilnya. Disamping itu, pada umumnya hanya STNK yang harus Anda sertakan dalam mobil, bukan BPKB apabila mobil Anda gunakan.

Tips dan Saran Gadai BPKB Mobil

Ada berbagai hal yang perlu untuk Anda perhatikan pada saat ingin melakukan pinjaman kredit dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminannya. Pasalnya, ada banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang berniat untuk melakukan kejahatan terhadap Anda. Banyak surat penting yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk hal lain, malah dipalsukan atau bertujuan untuk memeras Anda. Selain itu, kerugian lainnya apabila salah dalam memilih serta kurang teliti dalam melakukan peminjaman ialah penyitaan hingga pengambil alihan mobil karena BPKP mobil digunakan sebagai jaminan. Untuk menghindari hal buruk tersebut, sebaiknya Anda simak beberapa tips aman gadai BPKB mobil berikut ini.
  • Memilih pihak pemberi jaminan terpercaya
Anda harus bisa kenali pihak pemberi jaminan yang terpercaya atau hanya bermaksud menipu saja. Dalam hal ini, Anda bisa lihat reputasi lembaga pemberi jaminan tersebut. Jika reputasinya baik, maka sudah bisa dipastikan bahwa pihak pemberi jaminan tersebut bisa dihandalkan. Selain itu, lembaga pemberi jaminan tersebut sudah sangat profesional dan berpengalaman dalam membantu kebutuhan kredit masyarakat.
  • Memenuhi persyaratan yang diajukan pihak pemberi jaminan
Anda harus berupaya memenuhi semua syarat utama dalam mengajukan pinjaman dana tunai.
  • Memahami kesepakatan bersama
Pahami berapa banyak dana tunai yang bisa Anda pinjam. Hal ini tentunya juga tergantung pada kesepakatan antara Anda dan pihak pemberi jaminan.
  • Bayar secara rutin
Pastikan Anda sebagai pihak peminjam membayar cicilan tepat waktu tiap bulannya.